Menu

People's Climate Mobilisation

FAQ

  • Mengapa tanggal 20-21 September?

Ini adalah akhir pekan sebelum Sekjen PBB Ban Ki-moon memimpin konferensi perubahan iklim yang akan dihadiri oleh para pemimpin politik dunia di New York City pada tanggal 23 September. Konferensi ini akan menjadi hal yang paling menarik perhatian publik dan media, sebuah momen global yang fokus kepada isu perubahan iklim tahun ini. Pawai masal di New York City akan berlangsung pada hari Minggu, 21 September dan kita akan memobilisasi seluruh dunia sepanjang akhir pekan tersebut.

 

  • Mengapa Hari Aksi lainnya?

Konferensi iklim para pemimpin negara di New York City dan Pawai Iklim Massal menjadi peluang terbaik untuk memperlihatkan gerakan iklim global yang sudah kita miliki selama bertahun-tahun. Saat ini kita sudah jauh lebih siap dari sebelumnya untuk memanfaatkan momen tersebut, tidak hanya menunjukan kekuatan kolektif, namun juga sebagai alat membangun kekuatan untuk upaya skala regional dan nasional yang sedang berjalan atau yang akan datang. Untuk itu, kita merencanakan juga hari aksi global dan juga kegiatan pra dan paska yang akan memperluas dampak secara global dan memperkuat upaya regional dan nasional.

Rekam jejak pemerintah dalam hal iklim, tanpa aksi dari masyarakat, sangat buruk. Terlebih lagi konferensi di New York merupakan peluang untuk menempatkan isu keadilan iklim agar menjadi perhatian dunia.

Kita perlu beraksi untuk membuat perubahan iklim, bukan hanya janji. Saat ini dampak perubahan iklim telah dirasakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Dampak-dampak ini sangat buruk bagi masyarakat paling rentan dan hanya akan semakin buruk jika emisi karbon tidak segera dikurangi.

Sementara itu, masa transisi menuju dunia dengan ekonomi yang baik bagi masyarakat dan Bumi telah menunjukan keuntungan yang signifikan. Saat ini, energi terbaharukan merupakan sumber energi yang lebih murah dibandingkan bahan bakar fosil. Ini merupakan peluang untuk mengurangi emisi dan mengenalkan energi bersih kepada masyarakat yang lebih luas. Konferensi di New York juga menjadi kesempatan untuk menekankan hal tersebut secara global.

 

  • Apakah ini sama dengan Hari Aksi Global terkait dengan COP (Conference of the Parties) tahunan dari UNFCCC (United Nations Framework Convention on Climate Change)

Tidak, ini adalah mobilisasi yang berbeda dan terpisah, khususnya pada September 2014, meskipun kita yakin perlu melanjutkan mobilisasi dan mengembangkan gerakan yang tidak hanya ketika momen ini saja.

UNFCCC telah lama dipimpin oleh para delegasi dan negosiator, dan konferensi kali ini berbeda karena Ban Ki-moon memanggil para pemimpin politik untuk hadir langsung.

Sekjen PBB Ban Ki-moon telah menyerukan sebuah konferensi pada 23 September, dimana para pemimpin dunia akan berkumpul dan berdiskusi, dan diharapkan juga berkomitmen untuk melakukan tindakan tegas dalam mengatasi krisis iklim. Ban Ki-moon dengan cerdas menyerukan forum ini sebagai sesuatu yang berbeda dari negosiasi iklim PBB sebelumnya, mengetahui bahwa urgensi dan keseriusan krisis iklim begitu nyata sehingga masyarakat global harus bergerak lebih cepat dari apa yang selama ini telah dilakukan oleh UNFCCC.

 

  • Apa tema untuk hari aksi ini?

Akan ada banyak pesan dan slogan selama Aksi Iklim Massal namun intinya, slogan pemersatunya adalah “Action. Not Words” atau “Aksi, Bukan Kata” dan kamu dapat menambahkan tuntutan lokal dan nasional yang relevan dengan slogan tersebut.

 

  • Saya tidak melihat ada kegiatan apapun di sekitar saya. Bagaimana organisasi saya bisa ikut serta?

Buatlah kegiatanmu sendiri! Klik disini untuk ide aksi yang bisa kamu lakukan di kota tempat tinggalmu. Bukan masalah jika ini adalah pertama kalinya kamu mengorganisir aksi atau bahkan kamu sudah berpengalaman, karena kita mengundang siapapun, dimanapun, untuk memimpin. Ayo gabung disini.

  • Apakah perlu kita ke New York karena mobilisasi utama disana?

Hanya jika kamu sedang berada di Amerika Serikat pada tanggal tersebut. Namun apa yang sebenarnya kami harapkan adalah agar kamu menyampaikan suaramu dalam aksi di New York dengan menunjukan aksi yang kamu organisir di daerahmu. Ini adalah keadaan darurat global dan mobilisasi global lah yang sesungguhnya mampu menunjukan hal ini. Berikut ini beberapa metode partisipasi dasar.

 

  •  Kami akan mengorganisir sebuah kegiatan: material dan bahan apa saja yang dapat kami gunakan? 

○  Ada beberapa hal yang dapat kamu gunakan:

■     Logo PCM (diterjemahkan),

■     Brosur solusi iklim,

■     Brosur fakta dan dampak,

■     Ada banyak material yang dapat dicetak,

■     Video seruan untuk aksi,

■     Meme media sosial,

■     Panduan lengkap 350

 

  • Siapa yang memimpin Hari Aksi ini?

Dua organisasi utama dibalik ide Hari Aksi global adalah 350.org dan Avaaz. Namun, kegiatan sesungguhnya akan dilakukan oleh ratusan organisasi lokal dan global. Pawai di New York diorganisir oleh sebuah koalisi beranggotakan ratusan kelompok masyarakat dan lingkungan di Amerika Serikat.

 

  • Apakah ada tuntutan untuk para pemimpin?

Pertama, kita menuntut rencana aksi global yang tegas pada 2015 – sebuah strategi bersama dan disetujui untuk dengan cepat mengembangkan ruang lingkup dan skala transisi yang sedang dilakukan, sehingga iklim yang aman dengan segala keuntungannya bisa segera dirasakan oleh masyarakat dan Bumi. Pilihan sebelum para pemimpin politik berkumpul bersama di New York sangat sederhana: pimpin transformasi yang diperlukan untuk masyarakat atau abaikan resiko terbesar yang pernah dihadapi dalam sejarah peradaban kita. Tuntutan kedua adalah untuk segera mengambil langkah dalam memutus kebergantungan pada bahan bakar fosil (menghapus subsidi untuk industri bahan bakar fosil apapun) dan mendukung energi alternatif.

 

  • Apa yang terjadi setelah Hari Aksi?

Tahun depan, akan ada dua tonggak penting dalam upaya menciptakan dunia yang lebih adil, lebih bersih dan aman, yang akan diserukan oleh warga untuk meminta pertanggungjawaban para pemimpin politik: Di bulan September 2015, mereka akan berkumpul kembali di New York untuk menyepakati hal-hal yang akan dilakukan untuk mengakhiri kemiskinan di dunia – sebuah tugas yang tidak mungkin dilakukan tanpa mengatasi perubahan iklim, ancaman pada seluruh kebutuhan dasar hidup: air, pangan, tempat tinggal dan keamanan. Rencana aksi global untuk perubahan iklim akan diadakan tiga bulan kemudian di Paris.

Secara keseluruhan para pemimpin pemerintahan memiliki waktu 15 bulan terhitung sejak konferensi September ini untuk menyiapkan strategi bersama terutama menyempurnakan tujuan dan mengelola rincian transisi yang sedang berlangsung, sementara merekam upaya-upaya yang telah dilakukan dan memastikan semuanya termasuk di dalam strategi. Selama 15 bulan ini, kita akan terus melakukan kampanye dan memobilisasi untuk memastikan krisis iklim menjadi urgensi politik.