Menu
urszula urszula, September 4, 2014

Pada 21 September, mobilisasi iklim terbesar akan dilaksanakan di New York dan di tempat-tempat lain. Perwakilan pemimpin-pemimpin gerakan akar rumput sedunia akan menghadiri parade New York untuk memastikan suara pergerakan dan kampanye di seluruh dunia akan terdengar. Mereka juga akan menekankan berbagai perjuangan yang sedang terjadi akan tetap berlanjut selepas Bulan September.

Kami sangat gembira dapat memeperkenalkan kelompok duta iklim dunia ini kepadamu!

 

EFLEDA KEMPIS BAUTISTA dari Filipina

Efleda Kempis Bautista, saat ini adalah ketua Program Pendampingan Pedesaan Leyte Efleda-Bautista-2(Leyte Rural Assistance Program) dan Pusat Pengembangan Leyte (Leyte Center for Development) dan terlibat dalam pemulihan dan usaha pembangunan kembali pasca Badai Haiyan/Yolanda (yang menerjang Filipina pada tanggal 8 November 2013) melalui People’s Surge Philippines. Beliau adalah mantan guru yang istimewa dan telah memiliki pengalaman bekerja yang luas terkait dengan daerah pedalaman, klan/keluarga, dan komunitas pemuda di daerah Samar, khususnya dalam konservasi, pengelolaan limbah, pembersihan wilayah pesisir, anti pertambangan, dan daur ulang yang didasarkan pada proyek-proyek yang menghasilkan pendapatan tambahan.

 

MARTIN GUILLERMO MULLALLY dari Argentina

Martin Guillermo Mullally adalah seorang ahli komunikasi dan anggota dari Martin-Cipo-Mullullay-HighRes2Observatorio Petrolero Sur (OPSur) – organisasi riset dan pendampingan dalam lingkup dampak sosial dan lingkungan dari pengaruh industri bahan bakar minyak bumi di Argentina. Beliau juga juga merupakan anggota dari tim media Koalisi Multi Sektor Menentang Fracking (Multi Sectoral Coalition Against Fracking). Beliau bekerja sebagai produser di sebuah program televisi Cartago, penyiar pendamping di majalah radio Vorterix Neuquén, dan bekerja dengan koperasi Cae Babylon.

 

ISSO NIHMEI dari Vanuatu, Kepulauan Pacific

Isso Nihmei adalah pemimpin muda yang bekerja dengan SPC-GIZ dalam IssoProgram Adaptasi Perubahan Iklim nasional (national Climate Change Adaptation Program) – Coping with Climate Change in the Pacific Islands Region (CCCPIR), yang bertujuan untuk memperkuat kapasitas negara-negara Pasifik dan organisasi-organisasi regional untuk menghadapi pengaruh perubahan iklim. Beliau fokus terhadap banyak hal, diantaranya adalah perubahan iklim dan agrikultur, termasuk teknik-teknik pertanian baru; hubungan dengan pemerintah; serta interaksi dengan pelopor perubahan iklim nasional dan regional.

 

VAISHALI PATIL dari India

Dr. Vaishali Patil adalah aktivis yang memimpin gerakan akar rumput yang bekerja di wilayah Konkan. Vaishali-Patil-negara bagian di India selama lebih dari 20 tahun dalam isu seputar hak kepemilikan tempat tinggal bagi perempuan untuk mengakhiri proyek-proyek pertambangan dan batu bara. hal tersebut bertujuan untuk mengorganisir perlawanan terhadap usulan proyek pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di daerahnya. Beliau adalah pendiri Ankur Trust; presiden dari Forum Penuntut Hak-hak Kaum Pribumi (Forum for Demanding the Rights of Indigenous People); Penggagas Forum Perlawanan Terhadap Proyek-proyek penyebab Bencana (Forum Against Disastrous Projects) di Konkan; dan Sekretaris di Vikas Sahyog Pratisthan – Jaringan LSM di Maharshtra. Beliau juga merupakan pendiri Forum Melawan Kekerasan Terhadap Perempuan (Forum Against Atrocities on Women).

 

GÖKŞEN ŞAHİN dari TURKEY

Gökşen Şahin adalah salah satu aktivis iklim yang mendirikan goksen_resim-Kelompok Aksi Global Turki (Turkey’s Global Action Group) di tahun 2005 yang mengorganisir kampanye “Pengesahan Kyoto” (Sign Kyoto) untuk mendorong Pemerintah Turki agar mengesahkan Protokol Kyoto. Beliau adalah Koordinator Kebijakan Lingkungan dan Petugas Kebijakan Iklim di TEMA Foundation – Yayasan Turki untuk pencegahan erosi tanah, dan untuk reboisasi dan perlindungan terhadap habitat alami. Di Radio Terbuka (Open Radio), satu-satunya saluran radio independen di Turki, beliau mengatur beberapa program yang berkaitan dengan lingkungan dan perubahan iklim. Saat ini beliau juga memroduksi program radio “Gelombang Hijau (Green Wave)” di sana.

 

FATIMATA NIANG DIOP dari Senegal

Fatimata Niang Diop mengkoordinasi UNDESERT, sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)Fatimata-Niang-Ep-Diop- yang bergerak untuk memahami dan memerangi degradasi lingkungan di Afrika Barat. Beliau adalah ahli di bidang ekologi, keanekaragaman hayati, pengelolaan sumber daya hutan, dan perencanaan serta pengembangan proyek karbon. Beliau pernah menjadi konsultan Wetland Internasional dan IUCN Headquarters dalam penilaian keragaman hayati di Afrika Barat. Bekerjasama dengan aktivis muda dalam bidang iklim, saat ini beliau adalah kepala Power Shift nasional di Senegal sebagai bagian dari Global Power Shift yang bertujuan untuk meningkatkan pergerakan iklim melalui penyatuan regional, kampanye-kampanye strategis, dan mobilisasi gerakan akar rumput.

 

DIANA MACIAGA dari Polandia

Diana Maciaga bekerja dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Polandia, Diana-MaciagaLokakarya bagi Semua Makhluk (Pracownia na rzecz Wszystkich Istot), yang mengkhuskan diri pada perlindungan terhadap kekayaan terliar Polandia. Beliau berpartisipasi dalam Global Power Shift dan Power Shift Central & Eastern Europe dan berbagi pengalaman melalui berbagai kampanye dan mengkoordinasikan pelatihan untuk pemimpin-pemimpin lokal Polandia – “Para Penjaga Iklim” (Guardians of Climate). Saat ini, beliau adalah salah satu pengorganisir kampanye Stop Elektrowni Północ (hentikan ‘North Power Plant’) – fasilitas baru yang bertenaga batu bara di daerahnya di Polandia.

JUAN PEDRO CHANG dari Peru

Juan Pedro Chang Castro adalah seorang ketua serikat, penggiat lingkungan dan manajer pengembangan berkelanjutan dalam kerangka kerja Kesejahteraan Buruh. Beliau merupakan anggota Komisi Nasional Kesehatan dan Lingkungan untuk Persekutuan Buruh Peru (CUT PERU), anggota komite Pengawasan Lingkungan Paramonga, dan juga anggota komite panitia pelaksana Konferensi Masyarakat Tingkat Tinggi untuk Perubahan Iklim di Peru. Beliau adalah sekretaris pelaksana di Konfederasi CUT PERU, wakil Sekretaris Jendral untuk koordinasi Serikat Pekerja Andean (CCSA), yang termasuk di dalamnya adalah Bolivia, Kolombia, Ekuador, Peru dan Venezuela. Di antara banyak jabatan lainnya, Juan juga merupakan anggota dari Dewan Buruh Nasional, Kementrian Buruh dan Lapangan Kerja (MTPE CNT).

 

DESMOND MATTHEW D’SA dari Afrika Selatan

 

Desmond D’sa adalah salah satu pendiri dan koordinator dari Perserikatan Komunitas Lingkungan Durban Selatan. Beliau dianugerahkan Penghargaan Lingkungan Goldman 2014 untuk Afrika dalam jasanya membantu beragam komunitas di Durban yang telah dirampas hak-nya hingga berhasil menutup tempat pembuangan akhir (TPA) Bulbul Drive. Tempat tersebut adalah salah satu lokasi pembuangan limbah terbesar yang mengancam penduduk di sekitarnya dengan bahan kimia berbahaya, juga merampas hak masyarakat yang dilindungi undang-undang atas jaminan lingkungan yang bersih dan aman.

 

LORENA DEL CARPIO SUAREZ dari Peru 

Lorena del Carpio Suarez adalah tokoh pemuda dan anggota Pergerakan Penduduk Peru untuk Perubahan Iklim (Peruvian Citizens’ Movement on Climate Change / El Movimiento Ciudadanofrente al Cambio Climático) yang memiliki peran penting dalam kelompok masyarakat sipil Peru COP20. Beliau terlibat dalam Komisi Perencanaan dalam kelompok Peru COP20, dimana beliau memberikan bantuan teknis dan dukungan untuk peningkatan kemampuan.

 

OMER MADRA dari Turki

 

Ömer Madra adalah kepala editor dan pendiri Acik Radyo, Istanbul, yang merupakan stasiun radio swasta pertama yang mandiri dan didukung oleh pendengarnya di Turki. Beliau adalah ahli hukum yang terkenal, penulis, kolumnis dan mantan penerbit majalah; serta seorang editor dan kontributor untuk banyak media di Turki termasuk Açık Gazete (Surat Kabar Terbuka), Açık Yeşil (Hijau Muda), dan Gezi Park: Laporan dan Penafsiran. Beliau adalah seorang penulis dari beberapa buku diantaranya Pemanasan Global dan Krisis Iklim: Mengapa Kita Tidak Dapat Menunggu (Küresel Isınma ve İklim Krizi–Niçin Daha Fazla Bekleyemeyiz) bersama Ümit Şahin.

 

  

ELIZABETH MPOFU dari Zimbabwe 

Elizabeth Mpofu adalah Koordinator Utama saat ini dari La Via Campesina’s ICC. Seorang petani organik dan aktivis yang bekerja untuk perbaikan petani skala kecil, beliau adalah salah satu pendiri Forum Petani Organik Skala Kecil Zimbabwe (ZIMSOFF) dan Forum Petani Skala Kecil Wilayah Timur dan Selatan (ESAFF), organisasi-organisasi yang mempromosikan praktik pertanian yang berkelanjutan. Beliau mengetuai ZIMSOFF and menduduki posisi sebagai wakil ketua di ESAFF. Beliau dulu juga bekerja untuk Asosiasi Pelindung Lingkungan Tradisional Zimbabwe (AZTREC), dimana kemudian beliau terpilih menjadi ketua.

LIDY NACPIL dari Filipina

 

Lidy Nacpil adalah aktivis tersohor dari Filipina dan bekerja dalam isu ekonomi, lingkungan, sosial dan keadilan jender di kampanye-kampanye nasional, regional dan global. Beliau adalah koordinator Jubilee South – Pergerakan Asia Pasifik dalam Bantuan Pinjaman dan Pembangunan (JSAPMDD), salah satu koordinator dari Kampanye Global untuk Menuntut Keadilan Iklim (DCJ), dan anggota Komite Koordinasi dari Perserikatan Global untuk Keadilan Pajak (GATJ). Beliau juga merupakan wakil presiden dari Koalisi Kebebasan dari Hutang (FDC) di Filipina dan penyelenggara Pergerakan Keadilan Iklim Filipina (PMCJ). Lidy merupakan anggota baru di Badan Internasional 350.org.

 

 

CATTY QUISPE RIVERA dari Peru

 

Catty Quispe Rivera adalah seorang aktivis berusia 29 tahun yang tergabung dalam Pergerakan Penduduk Peru dalam hal Perubahan Iklim (El Movimiento Ciudadano frente al Cambio Climático) dimana beliau bertanggung jawab dalam bidang kampanye dan advokasi. Selain itu, beliau juga membantu untuk memimpin bidang aktifitas pemuda di MOCCIC. Beliau terlibat dengan Global Power Shift dan sebagai wakil pemuda dalam Pertemuan Metropolitan di Lima. Beliau saat ini menjadi bagian dalam tim koordinasi proyek untuk Tierractiva – sebuah acara untuk mengorganisir kaum muda Peru dalam lingkup perubahan iklim nasional dan dalam konteks negosiasi internasional COP20 yang akan datang. Selain itu, beliau adalah koordinator Bidang Komunikasi untuk Kelompok COP20 Peru.